PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI UMUR, PANGKAT DAN PENDIDIKAN TERHADAP JABATAN PADA POLRES BINJAI

Main Article Content

Miftahu Rahmah
Budi Serasi Ginting

Abstract

Mengenai penyediaan informasi jabatan, Personel harus memenuhi persyaratan untuk menduduki  jabatan tersebut, Sesuai dengan Peraturan Kepolisian (PERKAP) tentang jabatan personel. Contohnya ialah seorang personel harus mencapai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) sehingga ia bisa menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Resort (KAPOLRES). Kegiatan menghubungkan data personel dengan menggunakan Algoritma Apriori dapat di lakukan dengan aturan aturan tertentu sehingga dapat menghasilkan hubungan antara pangkat dan umur dan mampu membantu para personel agar mengetahui informasi  jenjang karir nya kedepan melalui sistem informasi kepolisian. Dari data personel yang mencakup umur, pangkat dan keahlian yang di korelasikan dengan jabatan menggunakan metode Algoritma Apriori terdapat nilai minimum Support 30% dan confidence nya 50% sehingga mendapatkan Best Rule nya adalah 15%. Dari hasil yang didapat yaitu jika usia Usia Polisi U2( 32 - 45 ), Pangkat Polisi  APD (AIPDA) dan Pendidikan SMAmaka Jabatan yang diterima Polisi lebih cenderung kepada SSB (SATSABHARA) Hasil pengetahuan informasi baru untuk membantu para personel agar mengetahui informasi  jenjang karir polisi kedepan dengan pangkat yang ia duduki sekarang berdasarkan support dan confidence sesuai pangkat dan umur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmah, M., & Ginting, B. S. (2020). PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK KORELASI UMUR, PANGKAT DAN PENDIDIKAN TERHADAP JABATAN PADA POLRES BINJAI. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i1.1198
Section
Artikel

References

Anhar, 2010. Panduan Menguasai PHP & MYSQL Secara Otodidak, Media Kita, Jakarta.
Hermawati, F. A. 2013. Data Mining, Edisi pertama, Andi, Yogyakarta,
Kursini & Emha Taufiq. 2009. Algoritma Data Mining .Edisi pertama, Andi, Yogyakarta,
Kristanto, Harianto. 2004. Konsep & Perancangan Database, Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.
Madcoms, 2012. Adobe Dreamweaver CS6 & PHP- MYSQl untuk Pemula, Edisi Pertama, Andi,
Nugroho, Bunafit. 2005. Database Relational dengan MySql. Edisi Pertama Andi, Yogyakarta.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2010. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.
Prasetyo, E. 2012. Data Mining Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Edisi pertama, Andi, Yogyakarta,
Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. 2006 Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Peraturan Presiden Negara Republik Indonesia. 2007 Jabatan fungsional Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jakarta.
Sukardi, 2004. penelitian korelasi, https : // www .academia .edu /9451405 /Penelitian Korelasi.pdf, diakses pada tanggal 21 mei 2019.
Wahyono, T. 2012. Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Elex Media Komputindo, Jakarta,
Yatini B, Indra. 2010. Flowchart dan pemorgraman Menggunakan C++ Builder. Edisi Pertama, Cetaan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Yanto, Khoiriah, Citec Journal, Vol.2, Bulan Februari 2015 Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat.