APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA KARTU IDENTITAS MISKIN (KIM) BERBASIS WEB

Main Article Content

Ari Sellyana

Abstract

Salah satu program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan yaitu dengan memberikan Kartu Identitas Miskin (KIM) kepada warga miskin. Pemberian KIM ini sering tidak tepat sasaran karena data yang diperoleh dari hasil survei terkadang  tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.  Aplikasi ini merupakan sebuah Sistem Penunjang Keputusan (SPK) yang dapat digunakan oleh Instansi pemerintah guna menyeleksi warga miskin yang akan diberikan Kartu Identitas Miskin.  Hal ini dimungkinkan karena sistem ini memiliki 10 kriteria penilaian rumah tangga miskin  yang diperoleh  dari hasil survei dengan memperhatikan berbagai faktor yang dianggap relevan. 10 kriteria tersebuat adalah penghasilan, pekerjaan, jumlah anak, keadaan rumah, kesanggupan biaya berobat, sumber air minum, bahan bakar, kendaraan, status rumah dan simpanan. Dari setiap kriteria akan dipecah menjadi beberapa sub kriteria yang masing-masingnya akan diberikan nilai yang berbeda. Perhitungan nilai akan diproses menggunakan metode perbandingan Eksponensial (MPE) yang menghasilkan suatu penilaian untuk membantu pihak instansi di dalam membuat keputusan penentuan penerima Kartu Identitas Miskin (KIM) dan untuk hasil dari keputusan ini bisa dilihat secara online oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sellyana, A. (2020). APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA KARTU IDENTITAS MISKIN (KIM) BERBASIS WEB. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(1), 36–40. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i1.1195
Section
Artikel

References

Rangkuti, "Teknik Pengambilan Keputusan Multi Kriteria Menggunakan Metode Bayes, MPE, CPI dan AHP," ComTech, Vol.2 No. 1, Juni 2011.
Yulianti, Eva Dan Firna Juwita, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kuliner Di Kota Padang Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE)" Jurnal TEKNOIF Vol. 4 No. 2 Oktober 2016 ISSN: 2338-2724
Turban, E. J. Aronson, and TP. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Sistem (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid 1 Edisi 7. Yogyakarta: Andi Publisher, 2005.
Marimin, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Publisher, 2007.