PENYANDIAN TEKS DENGAN KOMBINASI VERNAM CIPHER DAN CAESAR CIPHER 220

Main Article Content

Legito .

Abstract

Pertukaran informasi yang digunakan orang-orang adalah sebuah bentuk kalimat ataupun teks (text), yang dapat di baca oleh orang-orang yang menerima informasi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem untuk mengamankan isi pesan teks. Pada sistem ini isi pesan teks dapat disandikan, sehingga tidak dapat terbaca oleh pencuri informasi, dua metode yaitu metode vernam cipher dan metode caesar cipher agar keamanan datanya lebih terjaga.kunci yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi merupakan kunci yang sama. Dalam proses enkripsi, algoritma ini menggunakan cara stream cipher yang berasal dari hasil XOR antara bit plaintext dan bit key. Pada metode ini plain text diubah kedalam kode ASCII dan kemudian dikenakan operasi XOR terhadap kunci yang sudah diubah ke dalam kode ASCII. (Sholeh dan Hamokwarong, 2011). Dalam kriptografi, sandi Caesar, atau sandi geser, kode Caesar atau Geseran Caesar adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Sandi ini termasuk sandi substitusi dimana setiap huruf pada teks terang (plaintext) digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet. Pada Caesar cipher, tiap huruf disubtitusi dengan huruf ketiga berikutnya dari susunan alphabet yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
., L. (2020). PENYANDIAN TEKS DENGAN KOMBINASI VERNAM CIPHER DAN CAESAR CIPHER 220. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i1.1193
Section
Artikel

References

Abdul Kadir, 2014, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Ernita Sitohang, 2013, “Perangkat Aplikasi Keamanan Data Text Menggunakan Electronic Codebook Dengan Algoritma Des”, STMIK Budi Darma Medan, Jurnal Pelita Informatika, Vol. 5, No. 3.
Hanifah Azhar, 2012, “Perbandingan Algoritma Fungsi Hash MD5 dengan SHA-1”, Institut Teknologi Bandung, Jurnal Kriptografi, Vol. 1, No. 1.
Rifki Sadikin, 2012, Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Seftyanto, dkk, 2012, “Peran Algoritma Caesar Cipher Dalam Membangun Karakter Akan Kesadaran Keamanan Informasi”, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Jurnal Prosiding, Vol. 1, No. 1.
Sholeh Dan Hamokwarong, 2011, Jurnal : Aplikasi Kriptografi Dengan Metode Vernam Cipher Dan Metode Permutasi Biner. Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta. , Jurnal Momentum, Vol. 7, No. 2.
Taupik K, dkk, 2013, “Pembuatan Aplikasi Anbiyapedia Ensiklopedi Muslim Anak Berbasis Web”, UIN, Jurnal Edisi Juli 2013, Vol. 7, No. 1.