Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Investasi Saham Berbasis Web Menggunakan Metode SMART

Main Article Content

Tomoyud Sintosaro Waruwu
Suhendri Nasution

Abstract

Investasi merupakan salah satu bagian yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga nilai mata uang mereka di masa depan. Terdapat beberapa model investasi antara lain investasi tanah, emas, dollar maupun saham. Generasi milenial saat ini tertarik untuk melakukan investasi saham dikarenakan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Namun dalam pemilihan saham yang baik untuk investasi, diperlukan kemampuan dalam membaca rasio-rasio keuangan. Kesalahan dalam membaca rasio keuangan, akan menyebabkan investasi saham tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk membantu hal ini, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mendukung keputusan. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode smart dalam merancang sistem pendukung keputusan berbasis web dalam pemilihan investasi saham

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Waruwu, T. S., & Nasution, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Investasi Saham Berbasis Web Menggunakan Metode SMART. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i1.1191
Section
Artikel

References

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhrudin. 2020. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta : Salemba Empat
Mudjiyono. 2012. Investasi Dalam Saham & Obligasi Dan Meminimalisasi Risiko Sekuritas Pada Pasar Modal Indonesia. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 2, Edisi Juni 2012 (ISSN : 2252-7826)
https://www.idx.co.id/tentang-bei/sejarah-dan-milestone/ (diakses tanggal 24 Juni 2020)
Kustodian Sentral Efek Indonesia. 2019. RUPS Tahunan KSEI.
Hadinata, Novri. 2018. Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit. Jurnal SISFOKOM, Volume 7(2).
Novianti, Dwi.et al. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda). Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul.
Ukkas, Irwan., et al.2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Bahan Bangunan Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique) Pada Toko Bintang Keramik Jaya. Sebatik, volume 16(1)
ABDUL HALIM. 2016. Penerapan Metode Smart Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemenang Tender Proyek Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan. Skripsi. Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Medan
Farkhan. 2012. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage). Value Added, Vol. 9(1)