ANALISIS KETERSEDIAAN OBAT INDIKATOR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN MEDAN AREA TAHUN 2022

Authors

  • Mercy Martyanis Zebua Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Widya Fitri Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rezza Fikrih Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jf.v10i2.4589

Abstract

Obat indikator adalah 40 item obat esensial dan 5 item vaksin IDL (Imunisasi Dasar Lengkap) yang terdapat di Puskesmas. Obat esensial dan vaksin adalah komoditi kesehatan yang menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan merupakan barang publik yang perlu dijamin ketersediaannya dalam upaya pemenuhan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase ketersediaan obat indikator di wilayah kerja Puskesmas kecamatan Medan area tahun 2022. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juni tahun 2023, menggunakan desain survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Puskesmas Medan area selatan, Puskesmas sukaramai dan Puskesmas Kota matsum. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan Microsoft Excel, dan ketersediaan obat indikator dihitung dalam persentase dan dibandingkan dengan standar nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga Puskesmas sekecamatan Medan area selatan memenuhi standar tingkat ketersediaan obat esensial selama tahun 2022 yaitu diatas 81%. Sedangkan persentase tingkat ketersediaan vaksin IDL selama tahun 2022 diatas 95% hanya Puskesmas Kota matsum (100%). Akibat dari kurangnya ketersediaan obat indikator dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Nursyandi, Mustofa, Mubasysyir Hasanbasri, 2012. Ketersediaan Obat Esensial Pada Sarana Kesehatan di Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Vol. 01, No. 3 September 2012.

Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Tahun 2021.

Eky Endriana Amiruddin, Waode Iftitah Septarani A, 2019. Studi tentang Ketersediaan Obat di Puskesmas Meo-Meo Kota Baubau. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 1, No. 2, Desember 2019.

Mesriah., 2010, Evaluasi Perencanaan dan Ketersediaan Obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, Tesis, Program Pendidikan Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran, UGM, Yogyakarta: 40-47

Nurliati L. 2016. Studi tentang pengelolaan obat di puskesmas buranga kabupaten wakatobi.Jurnal kesehatan masyarakat. 11:1-10

PERMENKES nomor 34 tahun 2021 STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI sKLINIK.kemkes.go.id

Downloads

Published

2023-11-30