FORMULASI SEDIAAN SABUN MANDI PADAT DARI EKSTRAK UMBI WORTEL (Daucus Carota L.) SEBAGAI PELEMBAB

Authors

  • Mainal Furqan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Santy Simamora Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nuranti Rumela Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jf.v10i1.4588

Abstract

Tumbuhan wortel mempunyai kandungan senyawa fenol, serta antioksidan alami yaitu provitamin A serta karotenoid. Betakaroten dalam umbi wortel (Daucus carota L.) bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melembutkan kulit sehingga kulit selalu tampak berseri. Oleh karena itu umbi wortel memungkinkan untuk digunakan sebagai bahan aktif pada pembuatan sabun. Tujuan penelitian untuk mengetahui umbi wortel (Daucus carota L.) dapat diformulasikan kedalam sediaan sabun mandi padat yang berfungsi sebagai sabun pelembab kulit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental yaitu melakukan percobaan membuat formulasi sabun mandi padat dari umbi wortel dengan konsentrasi 5%, 10%, dan 15%. Uji yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji organoleptis, uji pH, uji tinggi busa, uji alkali bebas, uji iritasi terhadap kulit sukarelawan, uji kelembaban terhadap kulit sukarelawan, dan uji hedonik terhadap penelis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak umbi wortel dapat diformulasikan menjadi sabun mandi padat. Yang memiliki pH pada kisaran 8-11 dan memiliki busa yang cukup tinggi serta tidak menimbulkan iritasi terhadap kulit sukarelawan dan dapat meningkatkan kelembaban terhadap kulit sukarelawan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah umbi wortel dapat diformulasikan kedalam sediaan sabun mandi padat sebagai pelembab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono. (2002). Wortel Teknik Budidaya Analisis Usaha Tani, Kanisius Yogyakarta

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1979). Farmakope Indonesia. Edisi III. Jakarta.

Ghozaly, M. R., & Safitri, E. (2016). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak N-Heksan, Etil Asetat Dan Metanol Dari Varietas Umbi Wortel (Daucus Carota L.) Dengan Metode DPPH (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil), 9(2), 13–18.

M.Taufik. (2012). Strategi Pengembangan Agribisnis Sayuran Di Sulawesi Selatan, 31(Adiyoga 1999).

Mardiana, U., Solehah, V. F. (2020). Pembuatan Sabun Berbahan Dasar Minyak Jelantah dengan Penambahan Gel Lidah Buaya sebagai Anti Septik Alami. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada :Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, Volume 20 (2), 252-260.

McGrath, J., & Uitto, J. (2010). Anatomy and Organization of Human Skin. Dalam: Burns DA,

Breathnach SM, Cox NH, Griffiths, eds. Rook’s Textbook of Dermatology (8th ed.). London: Blackwell Publishing.

Mehrir. (2012). Sejarah Wortel, Http;//Www.Kawungaten.Com/2012/11/Sejarah Wortel.Html.

Jurnal Sejarah Wortel.

Minerva, P. (2019). Masker Tradisional Brokoli Untuk Perawatan Kulit Wajah Kering. Kapita Selekta Geografi, 2(8), 118–130.

Downloads

Published

2023-06-26