HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DENGANTINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KOTA MATSUM MEDAN

Authors

  • Noveria Sinta Marito Sihombing Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Widya Fitri Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rezzza Fikrih Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jf.v10i1.4587

Abstract

Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, tidak bias, dan komprehensif yang dilakukan oleh farmasis kepada dokter, farmasis, perawat, profesi kesehatan lainnya serta pasien. Kepuasan pasien merupakan ukuran mutu pusat kesehatan nasional yang harus dicapai dan dipenuhi oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan informasi obat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kota Matsum. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan meyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berobat di Puskesmas Kota Matsum Medan sejumlah 91 responden. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien menggunakan metode analisis data Chi-Square. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini ialah uji statistik Chi-Square di dapatkan p-value 0,045 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan Pelayanan Informasi Obat (PIO) dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kota Matsum Medan. Distribusi frekuensi Pelayanan Informasi Obat dengan kategori baik sebanyak 50 responden (54.9%) dan tidak baik 41 responden (45,1%). Distribusi Frekuensi Kepuasan Pasien dengan kategori puas sebanyak 54 responden  (59,3%) dan tidak puas 37 responden (40,7%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, J. Z., & Dianingati, R. S. (2022). Hubungan Kepuasan Layanan Informasi Obat dengan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 37-43.

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga

Dhadang Wahyu Kurniawan, dan Luthfi Chabib. 2010. Pelayanan Informasi Obat. Graha Ilmu.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. 2021. Petunjuk Teknis Aplikasi Indikator Nasional Mutu Di FKTP. Jakarta: Kemenkes RI.

Hastono, Sutanto Priyo. (2007). Modul Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-26