ANALISIS KANDUNGAN VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (Fragaria x ananassa Duschesne) SECARA SPEKTROFOTOMETRI ULTRAVIOLET (UV)

Authors

  • Denny Satria Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rida Evalina Tarigan Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang terbuat dari turunan heksosa yang larut dalam air dan mudah teroksidasi.Vitamin C juga merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Untuk melengkapi kebutuhan akan vitamin C, sebagai salah satu sumber vitamin C adalah buah stroberi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar vitamin C yang terdapat dalam buah stroberi (Fragaria x ananassa Duschesne) yang diperoleh dari pasar tradisional dan pasar modern.

Sampel yang digunakan adalah buah stroberi yang diperoleh dari pasar tradisional dan pasar pasar modern di Kota Medan.Analisis kandungan vitamin C dilakukan dengan metode spektrofotometri ultraviolet.

Hasil penenelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin C pada sampel buah Stroberi  pasar modern Berastagi Supermarket sebesar 54,92 mg/100g, Palangkaraya Supermarket sebesar 53,62 mg/100g, dan Transmart Supermarket sebesar 54,68 mg/100g. Dari pasar tradisional, Pasar Rame sebesar 28,07 mg/100g, Pusat Pasar sebesar 30,28 mg/100g,dan Pasar Induk sebesar 28,05 mg/100g.Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa kandungan vitamin C dalam buah stroberi yang diperoleh dari pasar modern lebih tinggi dibandingkan dengan pasar tradisional

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-04