PEMERIKSAAN SENYAWA ALKALOID PADA BEBERAPA TANAMAN FAMILIA SOLANACEAE SERTA IDENTIFIKASINYA DENGAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS (KLT)

Authors

  • Maniur Arianto Siahaan Fakultas Farmasi da Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Reinhard Hiskia Sianipar Fakultas Farmasi da Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Alkaloid merupakan senyawa organik yang paling banyak ditemukan, karena sebagian besar zat alkaloida berasal dari tanaman. Pada umumnya alkaloida memiliki satu buah atom nitrogen atau lebih dengan sifat basa sehingga disebut alkaloid. Alkaloid berfungsi untuk pelindung tanaman dari penyakit, serangan hama, sebagai pengatur perkembangan, dan sebagai basa mineral untuk mengatur keseimbangan ion pada bagian-bagian tanaman, alkaloida yang ditemukan dan dihasilkan oleh tanaman termasuk dalam bagian kelompok metabolit sekunder.

Bahan tumbuhan digunakan dalam penelitian ini adalah daun kecubung, daun terung  dan daun rimbang.

Hasil skrining fitokimia dari Golongan senyawa kimia dari serbuk simplisia daun kecubung (Datura stramonium) adalah golongan Alkaloid, Flavonoid, Saponin, Tanin, dan  Triterpenoid/Steroid. Golongan senyawa kimia dari serbuk  simplisia daun terung (Solanum melongena L) adalah golongan Flavonoid, Tanin, dan Triterpenoid/Steroid. Golongan senyawa kimia dari hasil serbuk simplisia dari daun rimbang (Solanum torvum Swartz) adalah golongan Flavonoid  dan Tanin.

Hasil analisa atau identifikasi Kromatografi Lapis Tipis dari . Golongan  Alkaloid dari  ekstrak  etanol daun kecubung (Datura stramonium) memiliki nilai Rf sebelum sinar yaitu Rf1 ; 0,37,  Rf2 ; 0,78, Rf3 ; 0,91 ditandai adanya warna kuning dan nilai Rf setelah sinar ultraviolet yaitu Rf1 ; 0,37,  Rf2 ; 0,78, Rf3 ; 0,91 berwarna kuning cerah dan nilai Rf dari pereaksi Dragendorff  adalah 0, 97 ditandai adanya warna kuning hingga kuning kecoklatan.Golongan Alkaloid dari ekstrak etanol  daun terung ( Solanum melongena L) memiliki nilai Rf sebelum sinar yaitu Rf1;0,26, Rf2; 0,47 ditandai adanya warna kuning dan nilai Rf setelah sinar ultraviolet yaitu Rf1; 0,26, Rf2; 0,47 berwarna kuning cerah dan nilai Rf dari pereaksi Dragendorff adalah negatif .Golongan Alkaloid dari ekstrak etanol daun rimbang (Solanum torvum Swartz) memiliki nilai Rf sebelum sinar yaitu Rf1 ;0,06, Rf2 ;0,8, Rf3  ;0,97 ditandai adanya warna kuning dan  nilai Rf setelah sinar ultraviolet yait Rf1 ; 0,06, Rf2 ; 0,8, Rf3  ; 0,97   Rf  berwarna kuning kecoklatan dan nilai Rf dari pereaksi Dragendorff adalah negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-06-04